Thursday, February 28, 2013

SMPIT THARIQ BIN ZIYAD

“Assalamualaikum..”

“Waalaikumsalam..”

Kata sapaan yang biasa digunakan di salah satu lingkungan sekolah dengan visi dan misi untuk mencerdaskan generasi muda dan menjadikan pribadi yang baik. SMPIT Thariq Bin Ziyad, ya, sekolah yang sudah banyak di dengar di telinga masyarakat sekitar, adalah salah satu sekolah yang menjunjung tinggi akhlak dan pribadi secara islami. Dengan melakukan murojaah hadits dan hafalan Qur’an setiap pagi hari dan belajar menyampaikan informasi di depan siswa yang ada dengan baik. Murid murid yang selalu akrab dengan gurunya menjadi salah satu karakteristik siswa SMPIT Thariq Bin Ziyad, baik saat belajar maupun diluar jam belajar.


Disisi lain SMPIT TBZ ini memiliki beberapa Organisasi yang bisa dijadikan untuk pelajaran dalam berorganisasi, memimpin, menghormati pendapat orang lain, dll. Contohnya OSIS, OSIS dengan kepanjangan Organisasi Siswa Intra Sekolah ini biasa mengadakan acara acara ajang bakat untuk menunjukan kebisaan dari seluruh siswa. Thariq Bin Ziyad Mencari Bakat, adalah satu contoh dari beberapa acara yang diselenggarakan OSIS, TBZMB ini terinspirasi dari ajang bakat yang ada di salah satu acara TV lokal, pada acara ini setiap kelas harus menampilkan kebisaan mereka untuk mewakili masing masing kelasnya. Tentunya dalam acara ini pasti ada jurinya.
Nah, jurinya ini dari warga TBZ juga. Ibu/bapak gurulah yang menjadi juri uuntuk menilai setiap kelas, soal juri gakalah eksis sama juri juri di Indonesia Mencari Bakat, hihi.
Juri yang serius menilai para peserta 



Suasana kemeriahan TBZMB


Selain OSIS ada juga Pramuka, Organisasi ini lebih sering mengikuti lomba lomba bersama Pramuka SIT di luar sekolah, karena Pramuka lebih identik sama pertualangan jadi lebih sering keluar sekolah juga.
Organisasi Pramuka SIT ini sudah mengikuti acara Pramuka SIT diluar sekolah seperti KEMNAS atau Kemah Nasioanal yang dilaksanakan di sekitar Jawa Barat, dalam acara ini SMPIT TBZ mendapat kebanggan karena salah satu dari siswa SMPIT TBZ ini menjadi Pemimpin pasukan di acara KEMNAS tersebut.


Jurnalistik, juga menjadi salah satu organisasi yang ada di lingkungan SMPIT TBZ, Jurnalistik ini biasanya meng-update mading mading yang ada di lingkungan sekolah, mulai dari acara yang baru selesai diselenggarakan sampai profil guru guru yang ada di sekolah

Ada juga, para ilmuwan remaja lebih sering di sebut SC alias Sciences Club, anak anak Sciences Club ini kegiatannya lebih sering ber-experiment dan juga ada materi yang disampaikan Pembina SC.

MAIS, kalo ini bukan organisasi, melaikan salah satu program yang harus dikuti setiap siswa. MAIS dengan kepanjangan Mentoring Agama Islam ini layaknya seperti forum kecil untuk membahas lebih dalam mengenai islam dengan dipimpin oleh mentor masing masing.


Ohiya, PMR sudah taka sing rasanya kalau soal PMR, organisasi dalam bilang kesehatan atau bisa jadi UGD kecil di sekolah. PMR ini sangat berperan saat upacara, karena PMR lah yang memantau seluruh siswa yang mengikuti upaca jikalau terjadi sesuatu salah satu siswa, maka PMR langsung sigap menjemput siswa yang sakit.


Ada lagi acara unik yang diselenggakarakan 1 tahun sekali, apaan tuh? Sanlat, yap sanlat adalah acara yang Cuma 1 tahun sekali. Sanlat dengan kepanjangan Pesantren Kilat ini, Menetapkan sistem belajar seperti di pondok pondok pesantren, dimulai dari pagi hari seperti hari biasa, setelah sholat asar siswa tbz ini tidaklah pulang melaikan melanjutkan acara seperti bungkus parcel untuk dibagikan ke warga sekitar sekolah islam ini. Setelah itu mandi lalu langsung membuat shaf di lapangan sambil menunggu adzan Maghrib.






Kegiatan diatas, adalah beberapa kegiatan yang biasa dilakukan para santriwan dan santriwati saat mengikuti acara sanlat








Tarhib Ramadhan

Karena acara ini dilaksanakan saat bulan ramadhan, jadi sambil nunggu adzan sekalian nunggu buka, pasti beda rasanya buka bareng temen2 mah
“Allahuakbar… Allahuakbar”
Suara adzan yang ditunggu pun berkumandang, saatnya berbuka puasa bersama keluarga sekolah SMPIT Thariq Bin Ziyad. Setelah itu dilanjutkan dengan Solat maghrib, makan malam, Sholat isya, sedikit materi kemudian istirahat untuk Qiyamulail keesokan harinya.

Selain Sanlat ada juga program dari sekolah dengan tema yang lebih deket dengan kekeluargaan, karena pada program ini setiap siswa memberikan sedikit bingkisan kecil dan beberapa parcel yang dibuat berkelompok untuk warga sekitar sekolahan ini, biasa disebut Tarhib Ramadhan. Acara yang diselenggarakan sehari sebelum bulan ramadhan dalam rangka berbagi untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Begitulah kehidupan warga sekolah SMPIT Thariq Bin Ziyad ini, dipenuhi dengan canda tawa, penuh kasih saying, dan saling menghormati satu sama lain.
Sekian…
Wassalamualaikum.

No comments:

Post a Comment